Oleh: NALISA | Mei 19, 2012

Becak Indonesia, Pedicab Amerika

Hai semua, saya berkeinginan untuk menulis sebuat tulisan yang terinspirasi dari VOA Indonesia dengan judul Kisah Seorang Penarik Becak di Kota New York.

Aku sungguh tertarik dengan berita ini. Bagaimana tidak, ternyata di Negara Adi Kuasa seperti Amerika Serikat yang didukung dengan teknologi maju juga mempunyai angkutan umum yang bernama pedicab atau dengan nama Indonesia becak, sungguh menarik bukan?  Ternyata teknologi juga tidak dapat merubah semua hal, baik pikiran maupun perbuatan seseorang namun tergantung dari hal itu juga, ada orang-orang tertentu yang selalu ingin menjadi hidup lebih praktis dan mudah serta tidak mengeluarkan banyak tenaga.

Nah, di Indonesia ini sebagai Negara berkembang tidak lazim kita melihat angkutan yang bernama becak.  Akan tertapi dengan teknologi dewasa ini, becak yang ada di Indonesia tepatnya di daerah tempat tinggal (Aceh) sudah sangat berubah.  Pasti terlintas di pikiran kamu-kamu apa ya?  Oke… oke bakalan aku kasih tahu kok, apa itu?? Yang aku maksud itu berubah lebih canggih gitu. Apanya? Itu..itu lho, alat pengenderaannya kalau dulu masih banyak menggunakan sepeda tapi kalau aku melihat sekarang ini sudah canggih benar coy, ngak tahu di desa maupun di kota sudah pada mengunakan sepeda motor yang di rancang untuk becak, ngak percaya coba aja perhatikan, iya kan seperti aku katakan.

Masih teringat di memoriku sekitar tahun sebelum 2003 lebih dan kurang di kampung aku pastinya di Aceh masih terlihat becak yang menggunakan sepeda dan itu sungguh berbeda dengan becak Amerika. Becak di Indonesia dan Amerika sungguh berbeda dari segi bentuk maupun ukuran (seperti aku sudah pernah pergi ke Amerika aja…hehe ngk kok aku cumun liat di fotonya doang, kasihan ya). Di Indonesia pun terdapat dua jenis becak diantaranya becak dayung dan becak motor.  Kenapa dikatakan becak dayung?? Apa dibecak terdapat dayung kah?  Sebenarnya becak tidak memiliki dayung seperti perahu atau sampan, kayak, maupun canoe akan tetapi becak yang menggunakan sepeda disebut becak dayung karena pengemudinya mendayung sepeda dengan kaki. Kenapa dikatakan becak motor karena menggunakan sepeda motor.  Cara mengendarainya juga berbeda-beda, antara becak becak dayung dan becak motor.  Akan tetapi juga ada terdapat kesamaan antara becak dayung dan becak motor.  Posisi dari pengemudinya yang berada di samping kanan penumpang (mari kita lihat gambarnya). Tapi bagaimana dengan becak yang ada di Amerika ya, apakah ada perbedaan dengan becak yang ada di Indonesia. Meskipun namanya sama-sama becak akan tetapi juga terdapat perbedaannya.

Kalau becak Indonesia pengemudinya di samping kiri penumpang atau penumpang berada disebelah kanan pengemudi.  Akan tertapi becak yang berada di Amerika, penumpangnya berada di belakang pengemudi atau pengemudi  berada di depan penumpang.  Dari segi ukuran yang aku lihat di foto becak Amerika cukup rendah dibandingkan dengan becak yang ada di Indonesia.  Dari segi penggunaan sepedanya  di Indonesia menggunakan sepeda jadul sepeda becak Amerika mengunakan sepeda sport atau lebih beragam gitu.

Bagi ku becak itu transportasi yang menarik, tentu saja karena bentuknya yang terbuka dan lebih nyaman aja tempat duduknya jadi maksud aku lebih leluasa memandang pemandangan….lhooooh naik motor kan juga bisa kayak gitu, iya memang tapi kan tetap saya tempat duduknya ngk nyaman.

Sebenarnya dengan menggunakan transportasi becak dapat menguntungkan para pengemudi becak.  Secara tidak langsung kita sudah ikut membantu Negara mengurangi pengangguran dan menambah rejeki bagi pengemudi becak.  Nah, mulai sekarang mari kita naik becak atau angkutan umum. *_*

Iklan

Responses

  1. […] di https://yakinkan.wordpress.com/2012/05/19/pedicab-itu-kalau-diindonesiakan-becak/ Tags: Adrinalisa, becak New York, pedicab Posted in […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: